Senin, 25 Oktober 2010

RESENSI

RESENSI

Judul : Doktrin Shahadat Para Nabi
Pengarang : Salman Al-Audah
Penerjemah : Dr. Setiawan Budi Utomo, Lc
Penerbit : Dar Al-Wathon Lin Nasyr
Tahun Terbit : 2001
Tempat Terbit : Jakarta
Tebal Buku : 79 Halaman


Buku ini di rancang untuk mengetahui doktrin shahadat para nabi yang perlu diketahui kami susun dalam bentuk buku agar mudah dipelajari dan diajarkan.
Buku ini berisi tentang pengertian tauhid atau mengesahkan Allah, mengesahkan Allah merupakan inti ajaran yang diserukan para nabi dan rasul pada seluruh umat manusia dan jin.
Namun di sisi lain, konsep tauhid yang dibawa para nabi itu ditentang keras oleh para penguasa atau kaum elite di zamannya. Konsep tauhid dianggap mengancam posisi istimewa mereka di hadapan kaumnya. Inti paham tauhid adalah melepaskan seorang manusia dari penghambaan terhadap benda-benda atau manusia lain. Sementara hubungan antara penguasa dan kaumnya waktu itu, adalah laksana tuan dan hamba.
Penentangan ini cukup keras. Mereka pun menjadikan para nabi penyampai dakwah tauhid itu sebagai sasaran. Dalam sejarah, kita jumpai para nabi dan rasul banyak dicaci, diolok-olok, disiksa, diusir, bahkan diperangi, karena paham tauhid ini.
Di buku yang aslinya berjudul hakadza allamal anbiya ini, Syeikh Salman bin Fahd Audah, ulama terkenal dari buraidah (Arab Saudi), menyajikan perjuangan para nabi itu. Ia juga menyorot fenomena syirik di era modern seperti penyembahan terhadap syahwat, materi, dan kultus individu.
Buku ini mempunyai kelebihan , ajaran tauhid ini mudah dipahami, baik oleh kaum terpelajar maupun masyarakat awam. Karenanya, banyak orang tertarik pada buku ini.
Buku ini juga mempunyai kelemahan. Kelemahan yang terlihat , buku ini tidak ada ilustrasi gambar pendukung pada isi.
Saran yang tepat, segera miliki buku ini agar mengerti syahadat para nabi dan bias mengetahui atau mengerti mana yang benar dan mana yang salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar