Selasa, 26 Oktober 2010

RESENSI 11

Resensi

Judul : Islam Dan Radikalisme
Pengarang : Rohimi Sobirin
Penerbit : CMM {Center For Moderate Muslim}
Tahun Terbit : 2007
Tempat Terbit : Kuningan Jakarta
Tebal Buku : 31 Halaman

Buku islam dan radikalisasi ini, meskipun di tulis begitu sederhana cukup memberikan gambaran yang begitu jelas tentang hakikat islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, objektivitas dan vainness. Dalam pandangannya radikalisme adalah kecelakaan sejarah karena posisi islam sebagai kekuatan peradaban sedang berada di buritan .
Buku ini menceritakan apa dan bagaimana radikalisme terhadap islam. Radikalisme adalah pemikiran atau sikap keagamaan yang di tandai oleh 4 {empat} hal :
pertama : Sikap yang tidak toleran, tidak mau menghargai pendapat
dan keyakinan orang lain .

Kedua : Sikap fanatic , yaitu selalu merasa benar sendiri, menganggap
orang lain salah .
ketiga : Sikap eksklusif, yaitu membedakan diri dari kebiasaan umat
islam kebanyakan .
keempat : Sikap revolusioner, yaitu cenderung menggunakan kekerasan
untuk mencapai tujuan .
umumnya radikalisme muncul dari pemahaman agama yang tertutup dan tekstural. Kaum radikal selalu merasa sebagai kaum yang paling memahami ajaran tuhan. Islam sama sekali tidak membolehkan kekerasan sebagai metode menyelesaikan masalah .Islam mempunyai 3 {tiga} prinsip dasar yang menjadi tujuan utama dalam membangun masyarakat yaitu :
pertama : Prinsip persamaan .
kedua : Prinsip kebebasan .
ketiga : Prinsip keadilan .
Buku ini mempunyai kelebihan yaitu di sertai dengan gambaran untuk menarik perhatian bagi yang membacanya dan juga buku ini memperkaya wawasan kita tentang islam yang menolak radikalisme dalam bentuk apapun .
Buku ini juga mempuinyai kelemahan yaitu buku ini kurang spesifik dalam tilisannya sehingga para pembaca ada yang faham dan ada yang tidak .
Jadi buku ini menyarankan segeralah memiliki buku ini karena buku ini membuka dan memperkaya wawasan kita tentang islam yang menolak radikalisme dalam bentuk apapun .
Resensator : Khoirul Zikiyama .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar